Cobalah Aneka Olahraga Bela Diri Indonesia yang Menyehatkan Ini

Siapa bilang olahraga bela diri hanya untuk kalangan tertentu? Meningkatnya angka kejahatan jalanan membuat siapapun harus mampu menjaga diri. Tak cuma berlaku untuk para perempuan, para laki-laki pun rasanya perlu belajar ilmu bela diri. Setidaknya, mereka mampu melindungi diri sendiri dari serangan orang lain di tempat-tempat umum.


Olahraga Bela Diri  Indonesia yang Menyehatkan
Selama ini, kita mungkin familiar dengan ragam jenis bela diri dari luar negeri. Segelintir masyarakat saja yang masih mendalami bela diri asli dari Indonesia. Sebenarnya ada beberapa martial art Indonesia yang tak kalah menarik untuk dipelajari, seperti berikut.

1. Pencak Silat
Siapa sangka seni bela diri asal Sumatera ini mendunia? Pencak silat sendiri mulai diperkenalkan pada abad 14, seiring penyebaran Islam di Indonesia. Awalnya, olahraga ini diajarkan oleh Suku Melayu hingga dikembangkan di berbagai daerah. Sebagai seni dan olahraga, pencak silat terus berkembang.

2. Tarung Derajat
Olahraga bela diri tarung derajat ternyata terinspirasi dari pengalaman sang pendiri, Ahmad Derajat. Kehidupan jalanan yang keras memaksa Ahmad untuk mampu mempertahankan hidupnya. Terhitung sejak tahun 1960an, tarung derajat pun resmi diajarkan sebagai cabang olahraga. Sesi latihannya pun berfokus pada teknik dan kontak tubuh langsung.

3. Bakti Negara
Sebagian orang mungkin masih asing dengan martial art yang satu ini. Bakti negara sendiri berasal dari Pulau Dewata, Bali. Gerakannya terinspirasi dari ajaran Hindu serta berbagai pelajaran hidup masyarakat Indonesia. Tak ayal kalau para atlet bakti negara akan terlihat seperti menari, sebab gerakannya yang luwes.

4. Silek Minangkabau
Dikenal sebagai perantau andal, masyarakat Minangkabau diwajibkan untuk mampu membela diri. Silek Minangkabau menjadi ajaran turun-temurun yang diwariskan guna mendukung kebiasaan tersebut. Sayangnya, olahraga bela diri ini mulai kehilangan kharismanya di kalangan anak muda. Padahal gerakannya sendiri sangat lincah dan terinspirasi dari nama-nama hewan, seperti macan, harimau, dan lain-lain. Bahkan seorang aktor ternama pun mendalami olahraga satu ini.

Jadi, jenis bela diri mana yang paling menarik untuk Anda? Pastikan untuk berlatih dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti bisa menguasai jurus-jurusnya dan badan pun menjadi lebih sehat dan bugar.