Tips dan Trik Merawat Kucing Hamil Agar Selalu Sehat

Kucing adalah salah satu hewan yang dipelihara oleh kebanyakan orang dengan diberikan perawatan khusus, terlebih merawat kucing hamil juga salah satu perilaku khusus yang harus diberikan kepada hewan menggemaskan ini.


Bagaimana Cara Merawat Kucing Hamil? 
Di bawah akan dituliskan beberapa tips dan trik merawat kucing hamil untuk menambah informasi para pemelihara kucing.

1. Memperhatikan Asupan Nutrisinya
Kucing yang hamil harus diberikan asupan nutrisi yang cukup. Asupan nutrisi bisa terpenuhi jika kucing diberi makanan yang mengandung protein tinggi. Misalnya, sementara Anda bisa memberikan makan induk kucing dengan makanan anak kucing karena protein yang dimiliki lebih tinggi.

2. Menjaga Kesehatan Kucing
Sama halnya dengan manusia, ketika kucing hamil kesehatannya harus tetap terjaga. Contohnya Anda harus menjaga lingkungan disekitar kucing tetap bersih dan membawanya ke dokter ketika memiliki tanda-tanda tidak sehat.

3. Tidak Terlambat Menyiapkan Makan Kucing
Sebenarnya walaupun kucing tidak sedang keadaan hamil, makanan harus diberikan sesuai waktunya. Tapi, Anda harus lebih memperhatikan waktu makan dan porsi makan untuk kucing yang sedang hamil agar tetap sehat.

4. Tidak Memberikan Sembarang Obat
Jika kucing sedang tidak sehat, jangan memberikan sembarang obat seperti ketika kucing sedang tidak mengandung. Alangkah baiknya jika Anda lebih memilih membawanya ke dokter hewan agar obat yang diberikan lebih tepat.

5. Sedikit Memberi Jarak dengan Kucing yang Lain
Menjauhkan kucing yang hamil dengan kucing lainnya sangat penting untuk menghindari resiko keguguran. Karena kucing memiliki tingkat stress dan kegelisahan tersendiri.

6. Menjaga Kebersihan Kucing
Menjaga kebersihan kucing tidak hanya pada lingkungan tempat kucing tersebut tinggal. Tapi Anda juga harus merawat dan menjaga kebersihan badan kucing tersebut, seperti bulu dan kukunya yang harus selalu bersih agar kucing tetap sehat.

Itulah beberapa cara merawat kucing hamil supaya induk kucing bisa melahirkan dengan proses yang lancar. Jika Anda bisa merawat kucing dengan baik, maka akan meminimalisir resiko terjadinya kematian pada induk maupun anak kucing itu sendiri.