Demam pada Balita: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Demam pada balita dapat terjadi secara tiba-tiba seperti setelah pulang sekolah atau setelah pulang bermain. Bunda jangan panik, ikuti cara berikut untuk mengatasinya.


Gunakan Air Hangat Atasi Demam pada Balita
Salah satu yang bisa dilakukan ialah mengompres menggunakan air hangat dan memandikan si kecil dengan air hangat. Ini memang cara yang umum dilakukan, tetapi tidak semua anak yang mengalami demam bisa langsung turun dengan kompres ini.

Apalagi jika anak tersebut tak suka dikompres, tentu lebih susah lagi. Langkah lain bisa mengelap tubuh anak dengan air hangat yang juga dapat menurunkan suhu tubuh anak. Jadi jangan gunakan air dingin untuk atasi demam pada balita, sebab jika dimandikan dengan air dingin suhu tubuh balita akan naik dan menggigil.

Menyelimuti balita yang demam juga penting, pastikan seluruh tubuhnya tertutupi. Suhu kamar juga dibuat senyaman mungkin, jangan terlalu dingin dan jangan terlalu panas.

Bawa Ke Dokter Sembari Terus Diberi Asupan Makan dan Minum
Umumnya orang tua langsung memanggil dokter atau membawa ke klinik, rumah sakit, puskesmas jika balita sedang demam. Hal ini memang tidak salah, obat dari dokter dapat menyembuhkan demam pada balita.

Namun cara alami untuk mengatasi demam juga bisa dengan memberikan madu hangat pada balita. Misalnya madu dengan chamomile, elder flower atau jahe yang nantinya memicu pengeluaran keringat pada balita. Setelah keringat keluar, maka suhu tubuh anak lebih menurun. Jika anak tidak suka dengan minuman ini, boleh ditambahkan pemanis alami.

Makan yang banyak berpengaruh juga bagi kesembuhan anak. Memang banyak anak-anak yang tidak selera makan ketika demam menyerang dan jika ini dibiarkan akan memperlambat balita untuk sembuh.

Tawarkan berbagai makanan termasuk makanan favoritnya agar tertarik untuk makan. Namun jangan paksa jika dia belum ingin makan. Sama halnya dengan makan, minum air yang banyak juga penting ketika demam.

Jangan sekali minum dalam jumlah yang banyak, tetapi sedikit namun sering.  Tentunya, kedua poin tips ini bisa diaplikasikan oleh para bunda jika balitanya sedang demam, semoga bermanfaat.