Cara Masak Sayur Asem Menggugah Selera

Sayur asem bisa dibilang adalah jenis sup sayuran yang paling populer di indonesia. asal muasal dari sayur asem ini berasal dari masyarakat sunda diwilayah jawa barat, banten dan Jakarta. Sayur asem adalah jenis sayur  yang di favoritkan oleh masyarakat setempat. Sayuran yang umum digunakan dalam sayur asem adalah melinjo, labu siam, kacang panjang, jagung, kol, tomat dan semuanya dimasak dalam kuah yang berbahan asam dan bumbu lainnya. melinjo adalah tanaman asi indonesia dan bijinya sering digunakan pada sayur asem, selain digunakan dalam sayur asem biji melinjo juga sering digiling untung diolah menjadi emping.

Bahan-bahan yang digunakan untuk sayur asem:
- 1 sdt minyak goreng
- 3 ons melinjo
- 3 ons kacang panjang, potong 2 inci
- 2 jagung manis, potng-potong
- 2 labu siam besar (kupas dan potong dadu)
- 5-6 kubis (potong besar)
- 2 tomat (dipotong-potong)
- 3 lembar daun salam
- 8 cangkir kaldu sapi
- 2 sdm pasta asam jawa tanpa biji + 3 sdm air hangat
- 2 sdm Gula Jawa atau jika tidak ada gantikan dengan gula merah
- Garam secukupnya

Bumbu halus:
- 1 Lengkuas seukuran ibu jari, haluskan
- 3 butir bawang merah
- 1 cabai rawit
- 5 buah cabai merah
- 3 siung bawang putih
- 4 butir kemiri / kemiri
- 1 sdt terasi / terasi

Cara masak sayur asem:

  1. Masukkan semua bahan untuk bumbu halus ke dalam food processor dan giling menjadi pasta halus, kalian mungkin perlu sedikit air untuk membuatnya. sisihkan. Campur pasta asam jawa dengan air hangat lalu haluskan dengan punggung sendok untuk mendapatkan sari asam jawa.

  2. Panaskan panci besar dan tambahkan minyak goreng. Tambahkan pasta dan tumis hingga harum, kurang lebih 1 menit. Tambahkan daun salam, dan kaldu sapi. Didihkan dan tambahkan sayuran lalu kecilkan api dan biarkan mendidih perlahan selama sekitar 30 menit atau sampai semua sayuran matang tetapi tidak lembek. Cicipi dan bumbui dengan lebih banyak garam dan gula sesuai kebutuhan. Harus manis, tajam, gurih, dan sedikit pedas

  3. Sajikan dengan nasi dan hidangan lainnya sebagai bagian dari hidangan multi menu

Itulah resep dan cara membuat sayur asem. Untuk kalian yang bingung sayur asem ini seharusnya disajikan dengan apa sih? Sebagian besar restoran yang memiliki sayur asem biasanya menawarkan beberapa paketan, nasi asem akan sangat cocok dimakan dengan ikan asing yang tipis dan renyah, dengan ayam goreng, telur mata sapid an jangan lupa untuk menambahkan kerupuk. 

Sayur asem merupakan salah satu makanan khas masyarakat sunda. Banyak masakan Indonesia yang populer berasal dari masyarakat sunda. Selain sayur asem, kalian mungkin pernah mendengar masakan seperti lalap, karedok mirip dengan gado-gado , namun dengan menggunakan sayur-sayuran mentah, ayam bekakak / ayam bakar , soto bandung, ikan bakar, dan masih banyak lagi masakan sunda lainnya yang harus kalian coba Ini masih jauh dari lengkap, dan mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk membahas bahkan hanya sebagian dari resep Sunda yang bisa kami bahas.

Semoga resep sayur asem diatas bermanfaat untuk kalian, untuk kalian yang ingin mencoba membuat sayur asem yang enak dirumah langsung saja gunakan resep kami! Sampai bertemu lagi diresep masakan selanjutnya!