Ketahui 5 Hal Wajib Tentang Merawat Mobil Matic

Merawat mobil matic ada beberapa hal yang perlu diketahui sebab jika tidak dirawat dengan baik maka mobil matic cepat rusak khususnya di bagian transmisi. Apalagi jika waktu penggunaan mobil sangat tinggi, berikut 5 cara yang perlu diperhatikan.


Merawat Mobil Matic Sebelum Bepergian
Sebagian pemilik mobil memang tak mengindahkan hal ini, artinya sebelum bepergian mobil tidak dipanaskan. Padahal ini langkah pertama dalam merawat dan menjaga mobil matic. Jika tidak dipanaskan terlebih dulu mengakibatkan terganggunya mesin mobil. Sehingga setiap pagi mobil perlu dipanaskan serta jangan lupa pastikan posisi transimisi dalam posisi yang netral.

Menggunakan Persneling
Jangan menggunakan persneling parking jika mesin mobil matic yang dimiliki tiba-tiba berhenti atau menyala sendiri. Ini juga bagian dari merawat mobil matic karena jika persneling digunakan saat kejadian seperti ini dapat memicu kerusakan pada bagian persneling.

Selanjutnya jangan gunakan persneling drive ketika saat memarkirkan mobil karena dapat membuat kopling rusak, jadi perlu dipastikan transmisi dalam posisi P saat mobil matic ingin diparkirkan.

Rutin Ganti Oli
Mengganti oli sangat penting dilakukan apalagi jika mobil tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Jika oli tak diganti secara rutin dalam waktu yang sangat lama akibatnya bagian tranmisi mobil mengalami kerusakan. Penggantian oli yang disarankan untuk mobil matic ialah setiap jarak tempuh mulai 80 ribu km sampai 100 ribu km.

Rutin Lakukan Uji Jalan
Sebaiknya uji jalan yang dilakukan pada mobil matic setiap beberapa bulan sekali. Caranya mobil dijalankan seperti biasa kemudian persneling dipindahkan. Perhatikan kondisinya, jika mobil sedikit bergoyang atau terdengar suara bising saat persneling dipindahkan berarti bagian transmisi mobil mengalami masalah.

Lakukan Servis
Servis secara berkala perlu dilakukan sesuai instruksi servis yang tercantum di buku manual. Selain berguna untuk merawat mobil juga termasuk aturan garansi mobil.

Jadi itulah 5 hal yang wajib diketahui tentang merawat mobil matic. Selain itu, perlu juga membaca buku manual sehingga hal tentang perawatan mobil bisa diterapkan dengan baik.