Resep Praktis Kuliner Khas Aceh Mudah dan Cepat Saji

Kuliner khas Aceh menjadi makanan yang harus dicoba bagi siapa saja yang berkunjung ke Aceh. Pasalnya citarasa makanan Aceh memiliki rasa yang khas dengan penggunaan rempah pilihan. Nah, berikut resep praktisnya.


Resep Mie Aceh 
Mungkin sebagian orang berpikir apa bedanya mie Aceh dengan mie yang lainnya? Terdapat perbedaan, jika penasaran jangan lupa cicipi langsung. Proses pengolahan mie Aceh dikenal mudah dan cepat namun bumbu serta bahan yang digunakan lumayan banyak.

Bahan yang diperlukan mulai dari mie basah, daging  kambing, air, bawang putih dan bawang merah, air kaldu sapi, daun salam, kol, tauge, kecap manis, gula pasir, garam dan daun bawang serta minyak goreng.

Anda juga membutuhkan bumbu halus seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih,  kunyit, merica, jintan dan kapulaga. Selanjutnya bahan untuk acar mentimun, selain harus ada mentimun  juga cuka, garam dan gula pasir.

Resep Rujak Aceh 
Sebagai kuliner khas Aceh, maka rujak Aceh tidak sama rasanya dengan rujak di daerah yang lainnya. Rujak Aceh bisa dibilang unik sebab penggunaan bahan yang berbeda dengan rujak umumnya. Contohnya rujak Aceh menggunakan potongan buah rumbia disajikan dengan saus rujak yang gurih, enak bercampur  rasa manis.

Bahan yang dibutuhkan untuk bumbu rujak Aceh yaitu gula merah, asam jawa, buah rumbia yang masih kecil, mancang atau mangga, cabe rawit, kacang tanah, air dan garam. Bumbu yang sangat sedikit ini bisa dibuat dengan mudah dan cepat.

Buah rumbia dan cabe rawit diulet sekaligus bersama garam,  kemudian ditambahkan buah kumbang baik itu mangga atau buah mancang, asam jawa dan gula merah. Beri air secukupnya, diulek kembali dan dimasukkan kacang tanah. Kembali diulek hingga kacang tanah tersebut sedikit pecah-pecah.

Kedua sajian kuliner khas Aceh ini terutama yang poin kedua sangat mudah dibuat, dengan bahan yang tidak banyak dibutuhkan. Bahannya pun mudah didapat kecuali buah rumbia mungkin yang sudah agak langka, silakan mencoba membuat masing-masing di rumah.